Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Minggu, 05 Desember 2010

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat


Pelapisan Sosial

Suatu Individu – individu yang mempunyai nilai latar belakang untuk membentuk kelompok – kelompok social.  Sehingga terbentuklah suatu pelapisan masyarakat di suatu lingkungan sehari – hari.
Pelapisan Masyarakat mempunyai arti Sejumlah individu yang mempunyai kedudukan (status) yang sama menurut tingkat dan derajat nya di sutau kalangan masyarakat.

Sekelompok Sosial dapat terbentuk karena adanya ;
1.       Sekelompok yang berdasarkan umur dan berbagai  pandangan dengan adanya pembedaan hak dan kewajiban.
2.      
Sekelompok  aadanya perbedaan standar perekonomian dalam kehidupan sehari – hari
3.       Adanya pemimpin yang dapat mengatur kinerja.

Beberapa yang menyebabkan terjadinya pelapisan social ;
a.)    Terjadi karena sendirinya, yang artinya pelapisan social karena secara ilmiah dengan adanya pengakuan – pengakuan terhadap kekuasaan dan kewenangan dengan tumbuh sendirinya.
b.)    Terjadi karena sengaja, yang artinya pelapisan social karena adanya pembagian tugas yang jelas dal hal kewenangan dan kekuasaan di dalam organisasi.

Beberapa system organisasi yang di gunakan untuk pelapisan sosial ;
Sistem Fungsional ; pembagian kerja kepada kedudukan yang tingkatnya berdampingan dan harus berkerja sama dalam kedudukan yang sederajat.
Sistem Skalar ; pembagian kekuasaan menurut jenjang dari bawah ke atas.

Pelapisan Sosial dibagi menjadi 3 macam yaitu ;
1.)    Masyarakat terdiri dari 2 kelas yaitu, kelas atas(upper class) dan kelas bawah (lower class).
2.)    Masyarakat terdiri dari 3 kelas yaitu, kelas atas (upper class), kelas menengah (middle class), dan kelas bawah (lower class)
3.)    Sementara itu ada pula yang sering kita ketahui ; kelas atas (upper class),  kelas menengah (middle class) kelas menengah ke bawah (lower middle class) dan kelas bawah (lower class).

Kesamaan Derajat,
Yaitu sifat perhubungan antara manusia dan lingkungan masyarakat yang mempunyai hak dan kewajiban terhadap masyarakat maupun terhadap pemerintah dan negara.

Persamaan Hak, adanya kekuasaan negara yang seolah – olah hak individu kan dirasakan sebagai kekuasaaan manusia yang berwujud dalam hak - hak dasar beserta kebebasan asasi yang selama itu di milikinya dengan leluasa, dan kekuasaan yang melekat.

Jadi, pelapisan social dengan kesamaan derajat saling berhubungan karena di pelapisan social terdapat  kesaamaan deraat dalam lingkungan masyarakat dan berkehidupan sehari – hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers