Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Rabu, 09 Maret 2011

Manusia dan Harapan

Setiap manusia mempunyai harapan yang di inginkan dan ingin ia capai untuk kehidupannya. Harapan yang kita inginkan bergantung pada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup dan kemampuan masing - masing.

   Harapan yang berdasarkan suatu kepercayaan dan keyakinan dalam diri sendiri atau kepada Tuhan Yang Maha Esa akan tercapai , baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Agar suatu harapan seseorang dapat terwujud, maka seseorang tersebut harus dan perlu usaha dengan sungguh-sungguh untuk harapan yang ia inginkan. 
 
Jadi harapan, suatu keindahan yang meras untuk mencapai suatu tujuan agar dapat tercapai dan merasa mensyukuri walaupun kita dalam kepedihan dan kesusahaan.
 
Suatu kepercayaan berasal dari kata percaya artinya mengakui atau meyakini akan kebenaran. Kepercayaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengakuan atau keyakinan akan kebenaran. Dasar kepercayaan itu adalah kebenaran. Kebenaran atau benar amat penting bagi manusia. Setiap orang mendambakannya, karena ia mempunyai arti khusus bagi hidupnya dalam menjalani dunia ini. Suatu pemikir yang selalu terpokus dalam hidupnya untuk yakin ia raih.

B. APA SEBAB MANUSIA MEMPUNYAI HARAPAN
Manusia itu adalah mahluk sosial. Setiap Lahir ke dunia langsung disambut dalam suatu pergaulan hidup, yakni di tengah suatu keluarga atau anggota masyarakat lainnya. Dorongan Kodrat Kodrat ialah sifat, keadaan, atau pembawaan alamiah yang sudah terjelma dalam diri manusia sejak manusia itu diciptakan oleh Tuhan.

Dorongan kodrat menyebabkan manusia mempunyai keinginan atau harapan, misalnya menangis, tertawa, bergembira, dan sebagainya. Kodrat juga terdapat pada binatang, walau bagaimanapun juga besar sekali perbedaannya. Dalam diri manusia masing-masing sudah terjelma sifat, kodrat pembawa dan kemampuan untuk hidup bergaul, hidup bermasyarakat atau hidup bersama dengan manusia lain.

Dengan Kodrat ini, maka manusia mempunyai harapan. Dorongan kebutuhan hidup Sudah kodrat pula bahwa manusia mempunyai bermacam-macam keebutuhan hidup. Untuk memenuhi semua kebutuhan itu manusia bekerja sama dengan manusia lain. Dengan adanya dorongan kodrat atau dorongan kebutuhan hidup itu maka manusia mempunyai harapan.
Keamanan seriap orang membutuhkan keamanan. Bila seorang telah menginjak dewasa, sehingga sudah saatnya Hak dan Kewajiban mencuntai dan dicintai Tiap orang mempunyai hak dan kewajiban. Bila seorang telah menginjak dewasa, maka ia merasa sudah dewasa, sehingga sudah saatnya mempunyai harapan untuk dicintai dan mencintai. Status Setiap manusia membutuhkan status.

Jadi pendapat saya, suatu harapan akan di milikioleh seseorang dalam hidupnya. Karena ada suatu tujuan yang ia inginkan. Dengan melakukan usaha dan berikhtiar untuk selalu dapat tercapai harapan dan keyakinan nya.

Usaha itu bergantung kepada pribadi kondisi, situasi, dan lingkungan. Usaha itu antara
lain :
a) meningkatkan ketaqwaan kih dengan jalan meningkatkan ibadah
b) meningkatkan pengabdim kita kepada masyarakat
c) meningkatkan kecintaan kita kepada sesama manusia dengan jalan suka menolong,
dermawan, dan sebagainya
d) mengurangi nafsu mengumpullran harta yang berlebihan
e) menekan perasaan negatif seperti in, dengki, fiinah, dan sebagainya

kebutuhan manusia menjadi 5 macam atau disebut juga 5 harapan manusia, yaitu;
1.harapan untuk memperoleh kelangsungan hidup
2.harapan untuk memperoleh keamanan
3.hak untuk mencintai dan dicintai
4.harapan diterima lingkungan
5.harapan memperoleh perwujudan cita-cita


Manusia dan Harapan
Harapan itu bersifat manusiawi dan dimiliki semua orang. Dalam hubungannya dengan pendidikan moral, untuk mewujudkan harapan perlu di wujudkan hal – hal sebagai berikut:
a. harapan apa yang baik
b. bagaimana mencapai harapan itu
c. bagaimana bila harapan itu tidak tercapai.

Jika manusia mengingat bahwa kehidupan tidak hanya di dunia saja namun di akhirat juga, maka sudah selayaknya “harapan” manusia untuk hidup di kedua tempat tersebut bahagia. Dengan begitu manusia dapat menyelaraskan kehidupan antara dunia dan akhirat dan selalu berharap bahwa hari esok lebih baik dari pada hari ini, namun kita harus sadar bahwa harapan tidak selamanya menjadi kenyataan.

 Nilai – Nilai Budaya Sebagai Tolak Ukur Harapan
Dalam hasil budaya yang berupa sastra, dapat dihayati adanya kandungan nilai budaya yang dibawa penulisnya sebagai gagasan utama. Dalam sastra jawa misalnya antara lain terdapat nilai budaya meliputi:
a. nilai kejuangan dan semangat pengorbanan,
yaitu nilai perjuangan sebagai tolak ukur dan diharapkan dimiliki masyarakat, seperti kesetiaan, kesungguhan, kedisiplinan,dll
b. nilai kerumahtanggaan
yaitu nilai yang diharapkan berkembang dalam etiap keluarga.
c. Nilai kemandirian kaum wanita
Yaitu, Nilai yang diharapkan dapat dimiliki setiap wanita.

Harapan Terakhir
Dalam hidup di dunia, manusia didadapkan pada persoalan yang beragam baik itu masalah positif maupun negative. Untuk menghadapi persoalan hidup tersebut manusia perlu belajar dari manusia lainnya baik formal maupun informal agar memiliki kehidupan yang sejahtera menurut Aristoteles, hidup dan kehidupan itu berasal dari generation spontanea, yang berarti kehidupan itu terjadi dengan sendirinya. Kebutuhan manusia terbagi atas kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Ada yang dalam pandangan hidupnya hanya ingin memuaskan kehidupan duniawi namun juga ada yang sebaliknya. Terkait dengan tingkat kesadaran kehidupan beragama, manusia akan semakin yakin bahwa mereka akan mati. Dunia serba gemerlap hanya akan ditinggalkan dan akan hidup abadi di alam akhirat.

Dengan pengetahuan serta pengertian agama tentang adanya kehidupan abadi di akhirat, manusia menjalankan ibadahnya. Ia akan menjalankan perintah Tuhan melalui agama, serta menjauhkan diri dari larangan yang diberikan-Nya. Manusia menjalankan hal itu karena sadar sebagai makhluk yang tidak berdaya di hadapan Tuhan. Kehidupan dunia yang sifatnya sementara dikalahkannya demi kehidupan yang abadi di akherat karena tahu bagaimana beratnya siksaan di neraka dan bagaimana bahagianya di surga. Kebaikan di surga yang abadi inilah yang merupakan harapan terakhir manusia.

Sabtu, 05 Maret 2011

Kegelisahan yang di hadapi di kehidupan

Kegelisahan dalam diri manusia dapat timbul sewaktu – waktu tanpa atau dengan diharapkan kehadirannya. Banyak faktor yang yang mempengaruhi dan menimbulkan kegelisahan dalam diri manusia. Adanya rasa gelisah yang dirasakan dan dialami oleh manusia pada dasarnya disebabkan oleh manusianya itu sendiri karena semua manusia memiliki hati, perasaan dan pikiran. Salah satu dari bagian kehidupan manusia yang sekian banyak dialami oleh manusia salah satunya adalah kegelisahan.
 
Kegelisahan pada diri manusia biasanya sangat erat kaitannya dengan sebauh kata “Tanggung Jawab”. Baik secara individual, sosial maupun religius. Jika usaha yang telah kita lakukan untuk mempertanggung jawabkan mengalami kesulitan dan kendala, kegagalan atau tidak berhasil maka secara langsung otak kita akan terkoneksi dengan yang direspon “Kegagalan dan permasalahan”. 

Dengan kata lain terkoneksi dengan hati, perasaan dan pikiran. Baik disadari atau tidak disadari. Begitu pula jika yang telah dilakukan telah mencapai titik maksimum dan berhasil maka kita sendiri tidak luput dari permasalahan dan kegelisahan, sebagai contoh kegelisahan untuk mempertahankannya dan sebagainya. Bentuk – bentuk kegelisahan dalam diri manusia dapat menjelma dalam suatu bentuk, seperti :
 
1. Kesepian
    Jika seseorang sudah merasa diasingkan maka orang tersebut akan mengalami kesepian dalam diri dan lingkungan sehingga merasa sepi ataupun sendiri. Jika hal ini terus dibiarkan maka orang tersebut akan kehilangan unsur dan karakter unik dalam dirinya senhingga dia pun sulit untuk mengenali dirinya. 
 
 
 
    2.    Keterasingan
Terasing, diasingkan atau sedang dalam keterasingan sudah ada sejak puluhan bahkan ribuan tahun lamanya. Dimana terasing pada dasarnya dapat didefinisikan sebagi bentuk kehilangan eksistensi diri yang disebabkan tidak adanya pengakuan tentang keberadaan kita “secara hakikat” atau dengan kata lain merasa tersisihkan dan termarjinalkan oleh diri sendiri  dan orang lain dalam pergaulan atau mayarakat.
ada 3 macam kecemasan yang menimpa manusia, yaitu :
 
a. Kecemasan Obyektif
Yaitu suatu pengalaman perasaan sebagai akibat pengamatan atau suatu bahaya dalam dunia luar. Bahaya adalah suatu keadaan dalam lingkungan seseorang yang mengancam untuk mencelakakannya. Pengalaman bahaya dan timbulnya kecemasan adalah sifat pembawaan, dalam arti kata bahwa seseorang mewarisi kecenderungan untuk menjadi takut jika ia dekat dengan benda-benda atau keadaan tertentu di lingkungan sekitarnya.
 
b. Kecemasan Neurotis (Syaraf)
Kecemasan ini timbul karena pengamatan tentang bahaya secara naluriah. Kecemasan ini terdiri atas 3 macam, yaitu :
•Kecemasan yang timbul karena penyesuaian dengan lingkungan.
•Bentuk ketegangan atau ketakutan yang irasional (phobia).
•Perasaan gugup, gagap, dan sebagainya.
 
c. Kecemasan Moril
Kecemasan moril disebabkan karena kepribadian seseorang.
Adapun penyebab dari kegelisahan pada hakekatnya adalah karena orang itu takut kehilangan hak-haknya, yang diakibatkan oleh suatu ancaman, baik ancaman dari dalam maupun dari luar.

Terjadinya Kegelisahan
Apabila di kaji, sebab sebab orang gelisah adalah karena mereka takut kehilangan berbagai macam haknya seperti hak untuk hidup, hak milik, hak memperoleh perlindungan dan lain-lain.
Mengatasi kegelisahan ini pertama-tama harus mulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu, yaitu kita harus bersikap tenang. dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang, sehingga kesulitan dapat kita atasi. sedangkan cara yang paling ampuh untuk mengatasi kegelisahan adalah dengan berserah diri kepada tuhan.
Rasa gelisah yang kita alami karena adanya tidak ada rasa keterbukaan dan hanya di pendam diri sendiri disinilah merasa sendiri dan selalu gelisah.
Sumber :

Rabu, 19 Januari 2011

Pertentangan dan Integrasi Masyarakat


Suatu adanya pertentangan dalam berkehidupan sosial dan integrasi dalam masyarakat pasti ada sebab – sebab yang dapat menimbulkan itu semua.
Filed Under: Umum
1.      Perbedaan Kepentingan

Berkehidupan bermasyarakat suatu kehidupan bersosialisasi yang adanya saling berhubungan baik antara individu-individu maupun antara kelompok dan golongan dalam masyarakat.

 Bermasyarakat  berarti kehidupan yang dimana setiap anggota satu dan lainnya harus saling memberi dan menerima. Istilahnya saling membantu dan ada rasa kebersamaan dalam menjalakan kehidupan.

Rasa solider, toleransi, tenggang rasa, tepa selira sebagai bukti kuatnya ikatan itu. Pada diri setiap anggota terkandung makna adanya saling ikut merasakan dan saling bertanggungjawab pada setiap sikap tindak baik mengarah kepada yang positif maupun negatif.

Adanya rasa cemburu atau rasa sakit terhadap sesama anggota masyarakat satu akan dirasakan oleh anggota lainnya. Karena adanya suatu tidak harmonisasi di kelompok tersebut. Seperti perbedaan-perbedaan pendapat yang tidak dapat ada yang mengalah satu dan lain dan bahkan sering adanya pertentangan-pertentangan. 

Salah satu adanya pertentangan di masyarakat.

Itulah sebabnya keadaan masyarakat dan negara mengalami kegoyahan-kegoyahan yang terkadang keadaan tidak terkendali dan dari situlah terjadinya perpecahan dan permusuhan.
Perbedaan kepentingan sebenarnya merupakan sifat naluriah disamping adanya persamaan kepentingan. Bila perbedaan kepentingan itu terjadi pada kelompok-kelompok tertentu, misalnya pada kelompok etnis, kelompok agama, kelompok ideologi tertentu. Sebaiknya kita menghargai suatu perbedaan dan pendapat masing – masing. Ada kalanya suatu perbedaan pasti memberikan kebaikan  sesuai kepercayaan nya masing - masing. Walaupun tujuan dan hasilnya sama.

2.      Berprasangka (Mempunyai Pemikiran yang Negative)

Berprasangka dapat kita pahami, suatu pemikiran yang beranggapan terhadap seseorang bahwa orang tersebut mempunyai sikap dan prilaku yang buruk dengan adanya kritikan terlebih dahulu. Dalam istilah ilmu agama yaitu “sukhudzon” yang artinya Seseorang yang  secara serta merta pemikiran nya tanpa timbang-timbang lagi bahwa sesuatu yang dilakukan nya buruk. Disisi lain Seseorang yang anggapan dan pemikiran nya selalu mengambil hal yang positif terhadap sesuatu yang dilakukanya di sebut “khusnudzon”.

Oleh karena itu, bisa saja bahwa sikap bertentangan dengan tingkah laku atau tindakan dapat menyebabkan prasangka yang baik maupun buruk.


Prasangka bisa diartikan suatu sikap yang telampau tergesa-gesa, berdasarkan generalisasi yang terlampau cepat, sifat berat sebelah, dan dibarengi proses simplifikasi (terlalu menyederhanakan) terhadap sesuatu realita jadi mereka hanya langsung mensimpulkan hal yang jeleknya saja tanpa memekirkan hal yang baik nya.
Sebab – sebab adanya Berprasangka
1.      Adanya rasa tidak kemampuan terhadap seseorang yang merasa lebih hebat dari dirinya.
2.      Adanya rasa sakit hati yang pernah di lakukan seseorang terhadap dirinya.
3.      Selalu menilai orang dengan sebelah mata tanpa mengenali dirinya terlebih dahulu.
 Pertentangan-Pertentangan Sosial atau Ketegangan dalam Masyarakat


 Adapun cara-cara pemecahan konflik tersebut adalah :
1. Elimination

2. Subjugation atau domination,
3. Mjority Rule

4. Minority Consent

5. Compromise

6. Integration

Integrasi Masyarakat dan Nasional
Integrasi masyarakat dapat diartikan adanya kerjasama dari seluruh anggota masyarakat, mulai dari individu, keluarga, lembaga-lembaga dan masyarakat secara keseluruhan. Sehingga menghasilkan persenyawaan-persenyawaan, berupa adanya konsensus nilai-nilai yang sama dijunjung tinggi. Dalam hal ini terjadi kerja sama, akomodasi, asimilasi dan berkuranmgnya sikap-sikap prasangka di antara anggota msyarakat secara keseluruhan.
Integrasi masyarakat akan terwujud apabila mampu mengendalikan prasangka yang ada di dalam masyarakat, sehingga tidak terjadi konflik, dominasi, mengdeskriditkan pihak-pihak lainnya dan tidak banyak sistem yang tidak saling melengkapi dan tumbuh integrasi tanpa paksaan. Oleh karena itu untuk mewujudkan integrasi bangsa pada bangsa yang majemuk dilakukan dengan mengatasi atau mengurangi prasangka.

Perlu dicari beberapa bentuk akomodatif yang dapat mengurangi konflik sebagai akibat dari prasangka, yaitu melalui empat sistem, diantaranya ialah :
1. Sistem budaya seperti nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945
2. Sistem sosial seperti kolektiva-kolektiva sosial dalam segala bidang
3. sistem kepribadian yang terwujud sebagai pola-pola penglihatan (persepsi), perasaan (cathexis), pola-pola penilaian yang dianggap pola-pola keindonesiaan, dan
4. Sistem Organik jasmaniah, di mana nasionalime tidak didasarkan atas persamaan ras.
Untuk mengurangi prasangka, keempat sistem itu harus dibina, dikembangkan dan memperkuatnya sehingga perwujudan nasionalisme Indonesia dapat tercapai.

Saran : Sebaiknya pikir dahul;u sebelum kita mengacuhkan suatu sikap kepada orang lain dan mempunyai Integritas yang tinggi agar dapat di hargai oleh lingkungan sekitar.

Sumber ; 1. ) MKUD ISD.Depok:Universitas Gunadarma.
               2.) www.google.com

Minggu, 16 Januari 2011

Ilmu Menambah Pengetahuan

Ilmu adalah suatu usaha kesadaran untuk menemukan , menyelidiki, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai kenyataan yang ada dalam kehidupan sekitar.


Yang dapat menghasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya dan dapat membawa wawasan dalam diri kita lebih menjadi luas. Sedangkan Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang dengan cara pola pikir dari dirinya sendiri.
Untuk mencapai suatu pengetahuan yang ilmiah dan obyektif diperlukan sikap yang bersifat ilmiah, yang meliputi empat hal yaitu :

1.Selektif, artinya mengadakan pemilihan terhadap problema yang dihadapi supaya didukung oleh fakta atau gejala, dan mengadakan pemilihan terhadap hipotesis yang ada

2. Tidak ada perasaan yang bersifat pamrih sehingga menacapi pengetahuan ilmiah yang obeyktif .

3. Kepercayaan yang layak terhadap kenyataan yang tak dapat diubah maupun terhadap indera yang digunakan untuk mencapai ilmu.

4. Merasa pasti bahwa setiap pendapat, teori maupun aksioma terdahulu telah mencapai kepastian, namun masih terbuka untuk dibuktikan kembali.

5. Teknologi adalah Penerapan keilmuan yang mempelajari dan mengembangkan kemampuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu bidang.


Menurut Sastrapratedja (1980) memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.Rasionalistas, artinya tindakan spontan oleh teknik diubah menjadi tindakan yang direncanakan dengan perhitungan rasional

2.Artifisialitas, artinya selalu membuat sesuatu yang buatan tidak alamiah
3.Otomatisme, artinya dalam hal metode, organisasi dan rumusan dilaksanakan secara otomatis. Demikian juga dengan teknik mampu mengeliminasikan kegiatan non teknis menjadi kegiatan teknis
4.Teknik berkembang pada suatu kebudayaan
5.Monisme, artinya semua teknik bersatu, saling berinteraksi dan saling bergantung
6.Universalisme, artinya teknik melampaui batas-batas kebudayaan dan ideologi, bahkan dapat menguasai kebudayaan
7.otonomi artinya teknik berkembang menurut prinsip-prinsip sendiri.
6. Kemiskinan lazimnya dilukiskan sebagai kurangnya pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang pokok.

Dikatakan berada di bawah garis kemiskinan apabila pendapatan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang paling pokok seperti pangan, pakaian, tempat berteduh, dan lain-lain. Garis kemiskinan yang menentukan batas minimum pendapatan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pokok, bisa dipengaruhi oleh tiga hal :
1.Persepsi manusia terhadap kebutuhan pokok yang diperlukan
2.Posisi manusia dalam lingkungan sekitar
3.Kebutuhan objectif manusia untuk bisa hidup secara manusiawi

Persepsi manusia terhadap kebutuhan pokok yang diperlukan dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, adat istiadat, dan sistem nilai yang dimiliki.
Mereka yang hidup dibawah garis kemiskinan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.Tidak memiliki factor-faktor produksi sendiri seperti tanah, modal, ketrampilan. Dll
2.Tidak memiliki kemungkinan untuk memperoleh asset produksi dengan kekuatan sendiri, seperti untuk memperoleh tanah garapan ataua modal usaha
3.Tingkat pendidikan mereka rendah, tidak sampai taman SD
4.Kebanyakan tinggal di desa sebagai pekerja bebas
5.Banyak yang hidup di kota berusia muda, dan tidak mempunyai ketrampilan.

Sumber :  elearning.gunadarma.ac.id
                www.google.com

Minggu, 19 Desember 2010

Kenalan Dengan Komputer


HARDWARE computer adalah sekumpulan perangkat keras didalam komputer  yang dapat kita lihat , raba, dan rasakan. Secara umum, hardware computer bias dibagi menjadi 4 bagiansebagai berikut:


1. ALAT INPUT

§  Touch Screen
§  Light pen
§  Trackball
§  Keyboard
§  Mouse
§  Scanner
§  Barcodewand
§  FDD
§  Mic
§  CDROM


2. ALAT PROSES

Terdiri dari CPU (central prosesing unit) atau prosesor yang didukung oleh motherboard dan komponen yang ada  didalam motherboard tersebut.



3. ALAT OUTPUT

·         PRINTER
·         SPEAKER
·         MONITOR
·         PLOTTER
·         CD-RW
·         DVD-RW
·         FDD


4. MEDIA PENYIMPANAN


·         HARDDISK
·         HARDDISK EEXTERNAL
·         DISKET
·         FLASH MEMORY
·         THUMB DRIVE




PROSESOR

PROSESOR merupakan pusat pengendali komputer yang didukung oleh komponen lainnya. Prosesor adalah chip yang disebut  “mikroprosesor” . Pada saat ini, ukuran prosesor telah mencapai gigahertz. Ukuran tersabut adalah tingkat kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Semakin besar ukurannya semakin cepat prosesor itu bekerja.

BAGIAN PENTING PROSESOR

Secara umum prosesor mempunyai 3 bagian penting sebagai berikut:

·         Arithmetic logical unit (alu)
·         Control unit (cu)
·         Memori unit(mu)


SEJARAH PENGEMBANGAN PROSESOR

INTEL

1.    GENERASI PROSESOR 8086 DAN 8088
2.    GENERASI PROSESOR 80286 dengan kecepatan 6-12 mhz
3.    GENERASI PROSESOR 80386 dengan kecepatan 25-50 mhz
4.    GENERASI PROSESOR 80486 dengan kecepatan 50-100 mhz
5.    GENERASI PROSESOR 80586 dengan kecepatan  100-133 mhz
6.    GENERASI PROSESOR Pentium 1 dengan kecepatan 100-233 mhz
7.    GENERASI PROSESOR Pentium mmx dengan kecepatan 166-300mhz. prosesorini telah mendukung pemakaian multimedia lebih cepat dari generasi sebelumnya.
8.    GENERASI PROSESOR Pentium 3 dengan kecepatan 300-450 mhz.
9.    GENERASI PROSESOR Pentium Celeron dengan kecepatan  200-333 mhz.
10. GENERASI PROSESOR Pentium 3 dengan kecepatan 500-1400 mhz.
11. GENERASI PROSESOR Pentium Celeron D yang mengiringi Pentium 3.
12. GENERASI PROSESOR Pentium 4 dengan kecepatan 1400-3000 mhz.
13. GENERASI prosesor core 2 duo dengan kecepatan 1,86-2,96 GHZ.

AMD (AMERICAN MICRO DEVICE)

1.    GENERASI prosesor 5x86 atau amd 5k.
2.    GENERASI prosesor k6 3d now.
3.    GENERASI prosesor k7 atau athlon (untuk menyaingi Pentium 3).
4.    GENERASI prosesor DURON (untuk menyaingi prosesor Celeron).
5.    athlon xp (untuk menyaingi pntium 4).
6.    AMD ATHLON X2

Banyak perkembangan menerik seputar kemajuan teknologi prosesor. Berbagai merek dan jenis prosesor yang ada dipasaran tentu akan membuat para pengguna PC yang masih awam akan merasa bingung. Oleh karena itu kita akan membahasnya.


CLOCK PROSESOR

Clock prosesor  adalah kecepatan proses prosesor atau disebut juga clock speed. Misalnya, Pentium 3  800Mhz , berarti prosesor berdetak 800 juta kali per detik. Semakin besar nilai clock speed, semakin cepat prosesor tersebut bekerja.


FRONT SIDE BUS (FSB)

FSB adalah lebar jalur pengambilan atau pengiriman data. FSB pada prosesor di tandai dengan istilah “pc” . misalnya, Pentium 3 800mhz pc 133. berarti prosesor tersebut  bekerja pada bus 133mhz (dalam satu kali pengiriman  dalam bit mampu mengirim data sebnyak 133 juta). Perlu di ingat bahwa bus prosesor harus sama dengan bus pada motherboard agar diper oleh inerja yang optimal.

Berikut ini adalah table FSB pada prosesor AMD dan INTEL.

FSB
INTEL
AMD
PC-66
PC-100
PC-166
PC400
PC-533
PC-800

4086
PENTIUM1,PENTIUM2,CELERON.

PENTIUM 4
PENTIUM 4
PENTIUM 4 HT

5K
K6
ATHLON, DURON



CACHE MEMORY

CACHE MEMORY adalah tempat atau data informasi sementara yang sering digunakan atau di akses oleh computer. Cache memory dibagi menjadi 2 macam yaitu level 1 dan level 2 yang biasanya di istilahkan sebagai L1 dan L2 ,  umumnya cache L1 berukuran 8, 64, 128 KB. Untuk L2 prosesor generasi sekarang menggunakan memori berukuran 64, 128, 256, 512, dan1024. tergantung dari jenis prosesornya. Awalnya, cache L2 ada yang dibenamkan di motherboard atau bagian luar dari core prosesornya.  sekarang ini, cache L2 pada prosesor terbaru sudah dibenamkan langsung pada core prosesornya. Denan demikian, jarak pengaksesan dari prosesor ke cache akan menjadi pendek sehingga mempersingkat pengaksesannya.

DENSITAS

Densitas adalah kerapatan transistor di dalam chip yang terdapat di prosesor. Semakin kecil transistor akan membuat prosesor menjadi lebih cepat, hemat pemakaian listrik. Semakin kecil nilai densitasnya akan membuat ukuran prosesor semakin kecil juga. Umumnya, pada saat ini ukuran prosesor modern adalah  0,18 dan 0,13 mikron.


MOTHERBOARD

MOTHERBOARD juga merupkan bagian penting  dari komputer. Fungsi motherboard adalah  sebagaitempat meletakan berbagai komponen seperti prosesor, card, memori dan lain-lain. Pada saat ini, motherboard dengan chip suara yang terintegrasi telah menjadi sesuatu yang umum dan dikenal sebagai istilah sound card on board . beberapa model bahkan telah mendukung system suara 6 kanal. Selain chip suara, ada juga beberapa motherboard yang menyediakan fasilitas grafis yang telah ter integrasi atau lebih dikenal VGA ON BOARD.
Merek motherboard yang ada dipasaran sangat banyak salh satunya adalah  ASUS, ECS, BIOSTAR, INTEL, MSI DAN GIGABYTE.


SLOT DAN SOKET PROSESOR

Slot dan soket prosesor adalah tempat meletakan prosesor pada motherboard. Pada saat ini  jenis slot sudah tidak dipakai lagi semenjak dari Pentium 3 awal.
Soket prosesor pada motherboard sangat mudah ditemukan karea mempunyai ciri yang sangat spesifik yaitu berbentuk segi empat.
Berikut adalah jenis soket pada motherboard dan prosesor yang menempatinya:

§  Soket 3 digunakan pada prosesor 486.
§  Soket 4, 5, 6 digunakan oleh prosesor 586.
§  Soket 7 digunakan oleh prosesor 586 dengan kecepatan 100-300.
§  Soket PPGA digunakan oleh prosesor intel Pentium 3 dan Celeron.
§  Soket 423 digunakan pada prosesor intel pentum 4 awal.
§  Soket 478 digunakan oleh prosesor intel Pentium 4.
§  Soket LGA 775 digunakan pada prosesor intel Core 2 Duo.

Sementara itu prosesor AMD Athlon XP menggunakan 462.
          
SLOT EKSPANSI

Slot ekspansi merupakan tempat untuk meletakan segala jenis card, seperti VGA, Modem, sound card,  LAN card. Slot ekspansi berbentuk persegi panjang terdiri dari 8, 16, 32, 64, 128 Bit.
Berikut adalah beberapa jenis slot yang terdapat di motherboard:

Slot ISA

Slot ISA terdiri dari 2 macam yaitu:

·         ISA 8 bit

Jenis ini hanya biasa didapati dikomputer XT. Slot ini berwarna hitam dan hanya memiliki 1 kanal.


·         ISA 16 bit
Saluran ini mampu mengirim atau mengambil data 16 bit istilah untuk slot ini adalah ISA bus 16 bit. Slot ini mempunyai 2 kanal dan berwarna hitam.

Slot PCI

Slot PCI (pheriperal component intercorect) adalah saluran 32 dan 64 bit standar local bus yang mengikat langsung ke CPU. Dengan demikian proses kerja komponen akan mejadi lebih cepat. Slot PCI berwarna putih. Biasanya slot ini digunakan untuk VGA seri lama, sound card, LAN card, modem dan lain-lain.

Slot VGA

Slot VGA menggunakan saluran 128 bit dan khusus meningkatkan graphic card. Selain mampu mendukung 3D, kerja AGP dua kali lebih cepat dari slot PCI.
Berikut ini adalah beberapa tipe slot AGP dan bandwith yang dimilikinya.


Tipe slot AGP
Bandwith


AGP1x
AGP2x
AGP4x
AGP8x

266 mb/s
533 mb/s
1066 mb/s


Slot AMR

Sesuai namanya, slot AMR (audio modem riser) hanya dipakai oleh modem dengan dukungan audio yang bekerja pada bus 128 bit. Slot AMR berwarna coklat dan berukuran pendek.

Slot CNR

Slot CNR (conection network riser) digunakan untuk jaringan Networkyang bekerja pada bus 128 bit. Slot ini berwarna cokelat  dan memiliki ukuran lebih panjang dari AMR.

Slot RAM

Fungsi dari slot ini adalah untuk meletakan RAM. Setiap motherboard memiliki tipe slot yang berbeda-beda. Slot memori sangat mudah dikenali karena memiliki pin yang banyak.
Jenis slot ada bermacam-macam yaitu:

·         SDRAM memiliki 168 pin.
·         Slot DDR memiliki 182 pin.
·         Slot DDR 2 memiliki 182 pin.
·         Slot RDRAM memiliki 182pin.


Chipset Motherboard

Chipset berguna untuk mengatur atau membagi fungsi-fungsi didalam mother board. Chpset bisa dikenali dengan membaca label yang tercantum dipermukaannya. Chipset yang umum kita jumpai adalah VIA, INTEL, NVIDIA, dan AMD.

CASING

Casing komputer merupakan tempat perlindungan komponen dan hard ware agar terhindar dari gangguan luar yang dapat mengakibatkan kerusakan.

RAM
RAM (random acces memory) adalah memori eksternal yang merupakan ruang untuk menyimpan program dan data yang dapat ditulis atau dibaca oleh prosesor. Penyimpanan pada RAM bersifat sementara, yaitu selama masih ada aliran listrik.
Ada beberapa jenis RAM yaitu:

·         SDRAM (synchronous dynamic RAM): memiliki kapasitas antara 16 sampai 512 MB.
·         DDRAM: yaitu memiliki kapasitas 128 sampai 1 GB. DDR mempunyai kecepatan hampir dua kali lipat dari SDRAM.
·         DDR2: yaitu memiliki kapasitas antara 128-2 GB. Kecepatannya dua kali lipat dari DDR.


VGA CARD

VGA card (video graphic array) adalah card yang bisa melakukan rendering grafis  3D secara penuh dan efisien tanpa perlu campur tangan CPU/Prosesor. Kartu grafis telah mempunyai prosesor sendiri yang disebut GPU (Graphic prosesor unit) dengan begitu beban prosesor utama akan berkurang.
Pemasangan kartu grafis harus disuaikan dengan slot yang dimiliki motherboard. Misalnya kartu grafis berbasis AGP harus di tancapkan pada slot AGP yang berwarna cokelat. Kita harus memeriksa tipe slot AGP pada motherboard dan tipe VGA card yang akan digunakan, yaitu AGP 2x, 4x, atau 8x.
Memori katu grafis dibagi menjadi 2 yaitu SDRAM dan DDR. SDR memiliki kapasitas antara 4 sampai 64 MB. Sedangkan DDR memiliki kapasitas 32 sampai 256 MB.
Untuk memilih VGA card sebaiknya pilih chip yang hendak dipakai yaitu seperti NVIDIA, ATI, dan SIS. Setelah itu baru memilih merek VGA card yaitu ASUS, MSI, ZOTAC, WINFAST, PIXELVIEW dan Gigabyte.

SOUND CARD

Sound card adalah berfungsi untuk memproses data audio. Sound card memiliki format tata suara, sehingga speaker yang digunakan juga harus mendukung sistem keluaran sound card.


MONITOR

Monitor merupakan alat output dari proses kerja yang telah dilakukan oleh CPU. Menurut bentuk layarnya, dibagi menjadi dua yaitu layar cembung dan datar. Menurut cara kerjanya, monitor dibagi menjadi dua yaitu LCD (liquid crystal display)  dan CRT (catoda ray tube) . Ukuran monitor yang banyak ada dipasaran adalah 15, 17, 19, 20, 21. dengan merek antara lain Samsung, LG, dan GTC.

HARDDISK
Harddisk merupakan media yang digunakan untuk menyimpan data. Harddisk dapat dibedakan menjadi dua yaitu IDE dan SCSI. Kedua jenis herddisk dapat dibedakan dari jumlah pinnya.
Kecepatan harddisk IDE antara lain sebagai berikut.

·         3600 RPM atau ATA 66
·         5400 RPM atau ATA 100
·         7200 RPM atau ATA 133

Harddisk tpe SCSI rata-rata memiliki kecepatan 10.000 RPM dan tidak umum dipakai di PC rumahan tatapi lebih banyak digunakan pada komputer server. Kapasitas harddisk yang ada saat ini adalah 20 sampai dengan 300 GB.


FDD
FDD merupakan alat untuk membaca disket. Disket merupkan pita magnetik yang dapat menyimpan data.


CD-ROM dan DVD-ROM

CD-ROM merupakan alat untuk membaca CD. Sedangkan DVD-ROM adalah alat untuk membaca keping DVD.


CD-RW dan DVD-RW

CD-RW adalah alat untuk menulis data atau menyimpan data pada CD. DVD-RW adalah alat untuk menyimpan data pada keping DVD.

PRINTER
Printer adalah alat output yang hasilnya berupa cetakan di media kertas atau sejenisnya.
Berkut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih printer.
§  Resolusi, semakin besar resolusinya semakin bagus gambar yang dihasilkan.
§  Kecepatan, kecepatan printer dinyatakan dalam PPM (paper per minute). Semakin cepat dan semakin tajam tampilan yang dihaslkan semakin mahal harga printer tersebut.

SCANNER

Scanner adalah alat input untuk memindai suatu objek menjadi data digital yang dapat dimasukan kedalam komputer. Scanner biasanya untuk memasukan data yang tidak dapat dilakukan pada keyboard atau mouse, misalnya objek dua dimensi.


TV TUNNER dan FM TUNNER

TV tunner berfungsi untuk menangkap sinyal TV. Sehingga kita dapat menonton siaran TV melalui komputer. FM tunner berfungsi untuk menangkap sinyal radio. Sehinga kita bisa mendengarkan siaran radio di komputer. Biasanya TV tunner dan FM tunner sudah terintegrasi dalam satu kartu.

MODEM

Modem merupakan alat untuk mengubah sinyal listrk menjadi pulsa. Modem pada komputer digunakan sebagai alat komunikasi (internet) melalui jaringan telpon. Modem terdiri dari modem internal dan eksternal. Modem internal memiliki beberapa tipe yaitu PCI, AMR, CNR, yang dipasang dalam komputer. Modem eksternal adalah modem yang dpasang melalui port tertentu, seperti COM1, COM2 dan USB. Modem ini diletakkan diluar CPU.

Followers