Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kamis, 21 Oktober 2010

Hubungan Individu, Keluarga, Dan Masyarakat


Kata asal Individu dari kata latin "Individuum" yang mempunyai arti melakukan sesuatu dengan kemampuan sendiri.. Individu juga harus dapat saling komunikasi dan sangat berperan dalam interaksi antara makhluk sosial yang lain. Karena itu dalam proses perkembangannya perlu keterpaduan antara perkembangan jasmani maupun rohaninya. Sehingga seorang individu  menjadi seorang yang dewasa dalam arti mampu mengendalikan diri dan melakukan hubungan – hubungan sosial di dalam masyarakat.


Pertumbuhan Individu dapat di bedakan menjadi 3 aspek..
yaitu : aspek Asosiasi, Psikologi, dan Sosiologi.

Seorang individu mempunyai ke pribadian tersendiri.
Keluarga lah yang akan membentuk pribadi seseorang. Karena keluarga yang berinterkasi langsung dengan individu. Atau media yang sangat penting sebagai media support dan saling mendukung.

Keluarga suatu intan permata yang sangat indaila kalo kita dapat menjaganya dan dapat menyimpannya dengan baik. Keluarga tidak dapat di tukar apapun. Individu sangat berhubungan sekali untuk saling berinteraksi. Seorang individu tidak akan dapat berdiri sendiri tanpa adanya keluarga. Melainkan saya dapat berdiri disini karena seseorang dapat menghadapinya dan menerima sesuatu yang tidak mungkin ,menjadi mungkin. Tak akan bisa lebih bahagia dan senang meskipun kita sudah memiliki apa yang kita inginkan dan mempunyai nilai yang tinggi itu akan menjadi sebuah kenangan saja apabila seorang tersebut melupakan keluarga, karena kita tidak dapat kebahagian yang utuh dan seling menyayangi sebelum semua kebahagian itu menghilang.

Individu dapat melakukan dan mengikuti suatu organisasi. Masyarakat adalah kelompok manusia yang saling berinteraksi yang memiliki prasarana untuk kegiatan tersebut dan adanya saling keterikatan untuk mencapai tujuan bersama.Lingkungan sosial yang pertama kali dijumpai individu dalam hidupnya adalah lingkungan keluarga. Di dalam keluargalah individu mengembangkan kapasitas pribadinya. Di samping itu, melalui keluarga pula individu bersentuhan dengan berbagai gejala sosial dalam rangka mengembangkan kapasitasnya sebagai anggota keluarga. Sementara itu, masyarakat merupakan lingkungan sosial individu yang lebih luas. Di dalam masyarakat, individu dapat berkreasi kan  apa-apa yang sudah dipelajari dari keluarganya. Mengenai hubungan antara individu dan masyarakat ini, terdapat berbagai pendapat mengembangkan  tentang mana yang lebih dominan.

Jadi di lingkungan masyarakat suatu proses individu untuk pah yang sudah pernah ia pelajari dari keluarganya dan proses untuk dapat menjadi lebih baik sikap dan tingkah laku dari individunya. Menghubungkan  sikap dan tingkah laku dan perbuatannyadengan individu yang lainnya.Sehingga terbentuklah masyarakat yang mempunyai interaksi dan komunikasi yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers