Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Minggu, 02 Oktober 2011

Wireless LAN


Sebuah jaringan LAN nirkabel adalah suatu jaringan nirkabel yang menggunakan frekuensi radio untuk komunikasi antara perangkat komputer dan akhirnya titik akses yang merupakan dasar dari transiver radio dua arah yang tipikalnya bekerja di bandwith 2,4 GHz (802.11b, 802.11g) atau 5 GHz (802.11a). Yang  mempunyai standar  Wi-Fi, IEEE 802.11b atau akomodasi IEEE 802.11g dan menawarkan beberapa level keamanan seperti WEP atau WPA. 

LAN nirkabel menjadi sebuah bentuk penting dari sambungan di banyak area bisnis.
Untuk memproteksi internal network kabel dari ancaman yang datang wireless network perlu kiranya dibuat wireless DMZ(Demiliterize Zone) atau perimeter network LAN. Untuk sebuah  wireless client yang membutuhkan akses ke internal network,dapat  melakukan otentifikasi terdahulu dengan RAS server atau menggunakan VPN.
wireless LAN merupakan  suatu jaringan area lokal nirkabelyang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya menggunakan link terakhir yang digunakan adalah sebuah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar.
 Seperti pada area kampus ataupun sekolahan. Yang menjadi titik awalnya merupakan  jaringan yang menggunakan kable, dengan satu atau lebih ke titik akses jaringan yang dapat menyambungkan pengguna nirkabel ke jaringan berkabel.

LAN kabel di tempat dimana pengkabelan sangat sulit dilakukan atau tidak memungkinkan. Seperti tempat yang sudah dilindungi lama atau ruang kelas, meskipun jarak tertutup dari 802.11b (tipikalnya 30 kaki.) batas dari itu menggunakan untuk gedung kecil. Komponen LAN nirkabel sangat cukup mudah untuk digunakan di rumah, dengan banyak di set-up sehingga satu PC (PC orang tua,
misalnya) dapat digunakan untuk share sambungan internet dengan seluruh anggota keluarga (pada saat yang sama tetap kontrol akses berada di PC orang tua).
Pada akhir tahun  1990-an digantikan dengan standar, versi jenis utama dari IEEE 802.11 (Wi-Fi) (lihat artikel terpisah) dan HomeRF (2 Mbit/s, disarankan untuk rumah, antahberantahdi Inggris ). Sebuah alternatif ATM-seperti teknologi standar 5 GHz, HIPERLAN,  sejauh ini tidak berhasil di pasaran, dan dengan dirilisnya yang lebih cepat 54 Mbit/s 802.11a (5 GHz) dan standar 802.11g (2.4 GHz) .

Wireless LAN dapat diumpakan seperti cara kerja modem dalam cara mengirim dan menerima data, ke personal  dari internet.  
Cara kinerja Wireless Lan
1 .Saat akan mengirim data, peralatan-peralatan Wireless tadi akan berfungsi sebagai alat yang mengubah data digital menjadi sinyal radio.
2. Lalu pada saat menerima, peralatan tadi berfungsi sebagai alat yang mengubah sinyal radio menjadi data digital yang bisa dimengerti dan diproses oleh komputer.
3. Seluruh komputer dengan kartu nirkabel dan koneksi kabel yang tehubung ke internet dapat di-set up sebagai Titik Akses.
Tetapi sekarang ini satu dapat membeli kotak bersangkutan dengan murah. Kotak-kotak ini biasanya berbentuk seperti hub atau router dengan antena, jembatan jaringan nirkabel atau jaringan ethernet kabel. Administrasi dari titik akses (sepeti setting SSID, memasang enkrypsi, dll) biasanya digunakan melalui antarmuka web atau telnet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers